Minggu, 07 September 2008

wǒ de jiātíng





Sssst..... foto mereka ada dibawah ini! (sori, kalo bahasanya campur aduk, namanya juga pemula. he....he...he. Sok atuh, dibaca lanjutannya. kalo masih pusing ma Hanzi di atas, ane dah sediain Hanyu Pinnyin-nya)


GINI NIH HANYU PINYIN-NYA.....

Wǒ de shēnghuó hěn kuàilè (hidupku sangat gembira)

xiànzài wǒ yǐ jīngyǒu liǎng nǚ háizǐ (sekarang aku sudah punya 2 anak perempuan)

Dì yī háizǐ jiào YAYA (Anak pertama bernama Yaya)

Dì èr háizǐ jiào AZKA (Anak kedua bernama Azka)

nǐmen ne? (Bagaimana dengan kalian?)

Tabel dibawah ini sepertinya cukup membantu....

No

Hanzi

Hanyu Pinyin

Indonesia

1

Saya

2

你们

nǐ men

Kalian

3

de

Partikel kepemilikan benda

4

生活

shēnghuó

Hidup

5

hěn

Sangat

6

快乐

kuàilè

Gembira

7

现在

xiànzài

Sekarang

8

已经

yǐjīng

Sudah

9

yǒu

Punya

10

liǎng

Dua (untuk jumlah benda

11

Partikel satuan untuk benda

12

Perempuan

13

孩子

háizǐ

Anak

14

Ke (untuk urutan)

15

Satu

16

èr

Dua

17

jiào

Bernama

18

ne

Bagaimana dengan……


NAH, KALIMAT SEDERHANA BANGET. BIASANYA MURID-MURIDKU DI SMA KELAS XI DAH BISA BACA HANZI DIATAS PLUS NGARTI'IN KE BAHASA INDONESIA. BIASANYA LHO...... ADA JUGA SIH YANG GAK BIASA.... TAPI GAK SAMPE 15% KOK! SUER..!!!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb,

mbak, klo bahasa hokkien bisa ndak? Saya pengen banget belajar bhs itu soalnya

zhongwen laoshi mengatakan...

wah dui bu qi, saya gak bisa bahasa hokkien, itu bahasa daerah. saya belajarnya bahasa persatuan RRC (kayak kita belajar bahasa Indonesia)
btw, kok penasarab png belajar hokkien, ada apa nih? kasih tau dooongg....!

zhongwen laoshi mengatakan...

apa gak labih enak sekalian belajar bahasa persatuannya aja?
kalo masalah aksara (hanzi, orng sering bilang kanji, kanji itu aksara jepang) di seluruh daratan cina walau lafalnya beda bahkan dalam bahasa daerah atapi aksaranya cuma satu macam yaitu cuma hanzi! enak ya..?